Menu Tutup

Dosen FH UNWIKU Jadi Narasumber Workshop Jurnal di UNSOED

PURWOKERTO (14/8/19), Dosen Fakultas Hukum Universitas Wijayakusuma, Yusuf Saefudin, S.H., M.H., Menjadi narasumber Workshop Tata Kelola Jurnal Elektronik di Prodi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman. Acara diselenggarakan di Gedung Roedhiro FEB Unsoed dan diikuti 6 Dosen dan 2 mahasiswa ikuti worksop.

Dalam acara workshop tersebut, Yusuf menyampaikan mengenai Manajemen Pengelolaan Jurnal Elektronik di Perguruan Tinggi dan segala dinamika yang menyertai didalamnya.

“Mengelola jurnal ilmiah tidak mudah. Dibutuhkan spirit yang ekstra supaya jurnal yang dikelola tetap eksis. Bagi jurnal baru, menetapkan sebuah target adalah hal yang mutlak, supaya arahnya jelas. Misal targetnya adalah jurnal terakreditasi Sinta-2, maka perlu berbagai persiapan dan strategi supaya jurnal dapat masuk ke Sinta-2”.

“Perencanaan jangka pendek, menengah dan panjang harus dibuat. Jangka pendek dengan menyiapkan nama jurnal, membentuk susunan redaksi, menyiapkan para reviewer, membuat OJS, permohonan ISSN, dll. Semua komponen harus terpenuhi”. – tambahnya.

Selain Yusuf, workshop juga diisi Oleh Warto, M.Kom dari IAIN Purwokerto. Warto mengisi simulasi/praktek pengoprasian OJS. Dari proses submit artikel sampai dengan publish. (YS)