Menu Tutup

IDUL ADHA: FH UNWIKU POTONG 1 SAPI QURBAN

PURWOKERTO, Fakultas Hukum Universitas Wijayakusuma (Unwiku) Purwokerto kembali memotong hewan kurban dalam memperingati Idul Adha. Tahun ini, FH Unwiku memotong 1 Sapi. Pemotongan dilakukan secara serentak bersama fakultas lain di tiga lokasi, di antaranya 5 ekor sapi yang dipotong di halaman kampus setempat, seekor kambing di Ponpes Ath Thohiriah dan seekor kambing di Ponpes Al Ihsan Beji. Total sebanyak 7 hewan kurban berupa 5 ekor sapi dan 2 ekor kambing dipotong.

Ketua Panitia Qurban Unwiku, Dra Diah Retnowati MSi mengatakan dua ekor kambing kurban ini diserahkan ke pondok pesantren terdekat dengan Unwiku dengan harapan dapat memberi manfaat warga sekitar ponpes tersebut. Selain itu, 5 ekor sapi yang dipotong di halaman rektorat Unwiku akan dibagikn untuk warga sekitar lingkungan Unwiku. “Semoga dengan kurban ini,  bisa meneladani kesabaran Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail,” katanya.

Ketua Dewan Pembina Yayasan Unwiku, Pudjatman Agung Nugroho SE mengatakan Iduladha merupakan momen penting untuk mendekatkan diri kepada Allah. Perintah kurban kata dia jelas tercantum dalam Alquran dan hadits. Kurban diartikan sebagai ibadah secara horisontal atau sosial dengan manusia.

Ibadah kurban kata dia bahkan lebih utama dibandingkan sedekah walaupun yang bernilai jauh melebihi nominal kurbannya. “Dengan kurban, kita bisa mengambil hikmah supaya lebih bertakwa, mendekatkan diri kepada Allah. Selain itu juga menjadi sarana  untuk membentuk kepedulian kepada sesama,” ujarnya.

Yang tidak kalah penting, kurban kata dia juga menjadi pengingat jika semuanya hanya titipan Allah semata. “Dengan menyembelih hewan kurban,  kita juga membuang sifat kebinatangan kita. Seperti sifat rakus, serakah, dan mau menang sendiri. Harapannya, setelahnya dapat membuang sifat yang dapat menyebabkan bencana itu. Dan yang pasti Unwiku harus selalu bersyukur semakin hari semakin menunjukkan perkembangan lebih baik,” katanya. (alf)


Judul: Unwiku Potong Tujuh Hewan Kurban
Sumber: https://satelitpost.com/regional/purwokerto/unwiku-potong-tujuh-hewan-kurban