Menu Tutup

KEGIATAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR-KAMPUS MERDEKA (MBKM) DI PRODI ILMU HUKUM FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS WIJAYAKUSUMA PURWOKERTO

Fakultas Hukum Universitas Wijayakusuma Purwokerto (UNWIKU) merupakan prodi ilmu hukum tertua di Purwokerto yang telah berdiri sejak tahun 1980. Di usianya yang telah mencapai 40 tahun, Prodi Ilmu Hukum UNWIKU bersiap diri menghadapi Proses pembelajaran berbasis Sosio Legal dalam Era Adaptasi Kegiatan Baru. Masa pandemi covid menuntut Pendidikan Tinggi untuk merespon proses belajar mengajar dari luring menjadi daring dengan tetap mengutamakan mutu, kualitas serta kompetensi tanpa meninggalkan tujuan proses pembelajaran yaitu menghasilkan profil lulusan profesi hukum yang adaptif, kritis dan trampil di era adaptasi kegiatan baru.

Mensikapi hal tersebut, Prodi Ilmu Hukum FH UNWIKU bersiap mengevaluasi kurikulum dan mempersiapkan Kurikulum MBKM sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2020, dengan rangkaian kegiatan dimulai dari Focus Group Disscusion (FGD) dengan pemantik pemikiran tentang kurikulum MBKM ilmu Hukum dari Dekan Fakultas Hukum UGM Yogyakarta, Prof. Dr. Sigit Riyanto, SH, LLM, dan Guru Besar Fakultas Hukum UI Jakarta, Prof. Dr. Dra. Sulistyawati Irianto, MA. Pembuatan kurikulum MBKM FH UNWIKU bekerjasama dengan FH Universitas Muhammadiyah Surabaya, oleh karenanya sebagai pemapar kurikulum dalam FGD tersebut adalah, Dekan Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Surabaya, Dr. Asri Wijayanti, SH, MH dan Wakil Dekan I Fakultas Hukum UNWIKU, Dr. Elly Kristiani Purwendah, SH, MHum. FGD selain dihadiri oleh mitra kerjasama juga dihadiri oleh mitra akademik antara lain yaitu, FH UNTAN Pontianak, FH UNDIKSHA Singaraja Bali, FH Unika Soegijapranoto Semarang, FH Universitas Palangkaraya Kalteng, FH UPN Vetereran Jakarta, FH Janabadra Yogyakarta dan FH UNU Purwokerto. Selain mitra akademik juga dihadiri oleh Humas MA, Kepala Biro Rekruitmen Advokasi Peningkatan Kapasitas Hakim, Pengurus Peradi Pusat, Pengurus Peradi Purwokerto dan Cilacap, Kepolisian, Kejaksaan, Pengadilan, Rutan, Perbankan dan beberapa instansi pemerintah serta mahasiswa dan alumni FH UNWIKU.

Prodi Ilmu Hukum FH UNWIKU dan FH Universitas Muhammadiyah Surabaya (FH UM Surabaya) bekerjasama sebagai mitra akademik dalam pembuatan kurikulum sosio legal, dimana kedua prodi ini sama sama mendapat Hibah Kurikulum MBKM dari Ditjend Belmawa. Selain dengan FH UM Surabaya, FH UNWIKU memiliki Mitra Akademik yang lain yaitu, Fakultas Hukum Universitas Timor Leste Dili, Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Fakultas Hukum Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja Bali, Fakultas Hukum Universitas Janabadra Yogyakarta. Sedangkan mitra non akademik Fakultas Hukum adalah, Pengadilan Negeri Purwokerto, Pengadilan Agama Purwokerto, Polresta Banyumas, Kejaksaan Negeri Purwokerto, ATR/BPN Banyumas, Dinsosnakerstrans, PT. Panca karya Sentausa Cilacap dan beberapa pihak lain yang sedang dalam proses kerjasama. Luaran dari Kurikulum MBKM ini adalah, Kebijakan Kurikulum MBKM, Dokumen kurikulum MBKM dan kegiatan 3 semester (60 SKS) diluar Prodi.

Betboo yeni giriş