Menu Tutup

Gender Center Studies

Pusat Studi Gender didirikan pada 2014. Merupakan salah satu Pusat  Studi yang dimiliki oleh Fakultas Hukum Universitas Wijayakusuma. Pusat Studi Gender dirikan guna menepis diskriminasi terhadap perempuan. Tingginya angka kekerasan dalam rumah tangga, angka kematian ibu sampai dengan keduduka perempuan dalam dunia politik merupakan perhatian utama dari Pusat Studi Gender.

RUANG LINGKUP

  1. Pembelajaran ilmu Gender dan Pembangunan, Gender dan Pengembangan Masyarakat, Komunikasi Gender, Gender dan Keluarga,
  2. Pemberdayaan masyarakat untuk peningkatan kualitas hidup perempuan dan anak serta kesejahteraan masyarakat,
  3. Penelitian inter dan trans disiplin di bidang kebijakan pembangunan responsif gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak berbasis pengembangan masyarakat pertanian dan perdesaan yang berkelanjutan.

PROGRAM PUSAT STUDI GENDER:

Dokumentasi data dan informasi hasil penelitian dan aksi terkait gender dan pembangunan (utamanya pertanian dan pedesaan), pemberdayaan perempuan, keluarga dan perlindungan anak; Publikasi cetak dan pengembangan jejaring melalui promosi di website http://hukum.unwiku.ac.id dan mailing list; Diskusi rutin  bulanan untuk mengembangkan pengetahuan masing-masing divisi bersama peminat (dosen, mahasiswa, umum) kajian gender dan pembangunan, pemberdayaan perempuan, keluarga dan perlindungan anak; Pelatihan metodologi penelitian studi gender dan kebijakan; Bersama mitra kerja (pemerintah, LSM dan Swasta) mengadakan konsultasi dan koordinasi tentang kajian dan aksi pemberdayaan perempuan, keluarga dan perlindungan anak sera kebijakan pembangunan responsif gender; Seminar, workshop dan sosialisasi implementasi pengarusutamaan gender di lingkungan kampus dan luar kampus; Kerjasama lintas institusi dalam penelitian dan aksi untuk mengatasi permasalahan pembangunan utamanya integrated farming, lingkungan, kemiskinan, ketahanan pangan dan gizi, kebijakan, ketahanan keluarga, dan perlindungan anak.