Menu Tutup

Human Right Center Studies

Human Rights Center Studies (Pusat Studi Hukum dan Hak Asasi Manusia), dikenal dengan singkatan PUSHAM merupakan salah satu unit di bawah Fakultas Hukum Universitas Wijayakusuma yang secara khusus melakukan kegiatan penelitian dan pengkajian di bidang Hak Asasi Manusia. Dibentuk berdasarkan SK Dekan Fakultas Hukum Universitas Wijayakusuma No. 56/FH/A.51/VI/2018

Kegiatan

Kajian Hukum dan HAM

Pengkajian dilakukan baik secara berkala, maupun dalam kuliah-kuliah tamu. Kajian diarahkan pada isu yang sinergi dengan penelitian dan pengabdian masyarakat, sehingga menjadi satu kesatuan untuk pembaruan hukum hak asasi manusia yang lebih progresif. Fokus kajian akan diarahkan pada isu Keadilan Sosial. Bentuk kegiatan:

  • Aksi damai pada peringatan Hari Buruh dan peringatan-peringatan hari gerakan sosial.
  • Lingkar Studi di Kampus (minimal 1 bulan sekali)
  • Lingkar Studi Masyarakat (sesuai perencanaan program bersama)

Penelitian

Penelitian dilakukan dengan fokus pada isu-isu Hukum dan HAM Internasional, isu konstitusionalisme HAM, dan berbagai kajian terhadap isu strategis dalam Hukum dan HAM

Penelitian dilaksanakan secara mandri dan/atau dengan berkolaborasi antar perguruan tinggi. Komitmen PUSHAM Wijayakusuma dalam penegakan hak asasi manusia, menggandeng berbagai PUSHAM diperguruan tinggi lain di Indonesia, serta lembaga lain yang konsen terhadap isu HAM.

Pengabdian Kepada Masyarakat

PUSHAM Wijayakusuma memprioritaskan pada pengabdian kepada masyarakat melalui pendidikan dan advokasi kebijakan, khususnya mengenai:

  1. Buruh melalui program Jaminan Sosial
  2. Petani dan warga pedesaan melalui program Reforma Agraria untuk Kesejahteraan Sosial (melalui implementasi UU Desa)
  3. Buruh Migran melalui program penguatan Legislasi Daerah dan Jaminan Sosial